Minggu, 29 November 2015

Historical Leather Jacket



Mungkin tidak ada bahan garment yang langsung dapat dengan mudah diasosiakan dengan profesi penggunanya sejak jaman ksatria pada abad pertengahan dengan jubah dan baju jirahnya yang berkilauan, selain pilot dengan jacket kulitnya.
Penerbang pertama dalam sejarah mengadopsi kulit sebagai material utama untuk membuat pakaian yang sesuai bukan tanpa alasan. Ketahanan, kehangatan, dan yang paling utama adalah enak dipandang merupakan alasan utama untuk memilih kulit. Berbagai macam model jacket untuk pilot di ciptakan, setiap negara membuat model nya sendiri bahkan selain jacket berbahan dasar Kulit dibuat juga dengan memakai bahan dasar kanvas.
Pada puncaknya adalah jacket kulit model A-2 yang digunakan oleh semua pilot amerika pada perang DUnia ke 2. bahkan pada masa itu jacket A-2 kadang kala menjadi kanvas sebagai object dari seni dan objek untuk mengungkapkan perasaan dari sang pemakai nya.
Sampai hari dimana artikel ini ditulis jaket model ini masih menjadi primadona dan terus di pakai.  


Perang Dunia 1 dan Era Emas Penerbangan.

Era jacket pilot dimualai dari masa WW1 dimana ketika itu sebuah pesawat terbang tidak memiliki kokpit tertutup seperti pesawat masa kini, sehingga seorang pilot pada pesawat tersebut harus menggunakan pakaian yang sesuai untuk menghangatkan tubuhnya. Pada bulan oktober 1917, angkatan darat negara amerika serikat membuat sebuah badan yang mengatur untuk membuat seragam pada penerbang  di angkatan darat.
Pada saat itulah mulai di design dan diciptakan jaket yang terbuat dari kulit dan kerahnya terbuat dari wool dan bulu2 binatang.
pada beberapa negara seperti inggris diperkenalkan pula beberapa model jaket pilot di masa ini, pada masa ini negara amerika membuat sebuah model jaket kulit yang terkenal yang akan menjadi cikal bakal untuk jacket kulit dimasa yang akan datang dan bahkan terus dipakai sampai masa kini.
Jacket kulit model "A1" merupakan model awal untuk model A-2 yang dikembangkan oleh Penerbang angkatan darat tentara amerika dan G-1 merupakan model yang dipilih oleh Penerbang angkatan laut negara paman sam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar